Animasi Bergerak

Jumat, 09 Januari 2015

Aplikasi Sistem Informasi Jasa Laundry pada "Uma Laundry"






1.  Perencanaan

            
      Gambaran Umum

Usaha laundry merupakan salah satu bidang usaha jasa yang semakin di butuhkan khususnya oleh masyarakat di perkotaan. Hal ini disebabkan karena aktifitas masyarakat yang tinggi. Dan diiringi dengan tingkat pendapatan yang memadai memperngaruhi perilaku masyarakat yang cenderung menginginkan kebutuhan – kebutuha tertentu dengan secara instant.

Uma Laundry adalah salah satu dari sekian banyak laundry yang berada di Bandar Lampung beralamat di Jl. Tamin No 51 Tanjung Karang yang berdiri pada tahun 2009. Tidak jauh berbeda dari laundry – laundry pada umumnya yang mempertahankan kepuasan pelanggan. Namun semua proses pelayanan dan transaksi yang dilakukan di Uma Laundry masih melakukan sistem manual.

Penerimaan pelanggan dilakukan oleh bagian penerimaan pelanggan merangkap administrasi / kasir dan cucian kotor di terima oleh penerimaan pelanggan dan pengambilan cucian dilayani hanya apabila membawa bukti nota yang di tulis secara manual oleh karyawan Uma Laundry.



        Analisa Masalah
Saat ini Komputer hampir dapat di jumpai di setiap kantor pemerintah, perusahaan, sekolah, atau bahkan rumah tangga. Perkembangan teknologi komputer yang pesat, khusunya di bidang perangkat lunak membuat komputer menjadi semakin user friendly dan telah menjadikannya suatu kebutuhan bagi kalangan tertentu, misalnya kalangan bisnis.
Dalam melakukan pekerjaan mereka sangat tergantung pada komputer. Dengan adanya perkembangan informasi yang sangat pesat dan saat ini sistem informasi database yang dapat memberikan pelayanan yang sangat cepat bagi pengguna informasi, system informasi basis data adalah salah satu akibat dari perkembangan teknologi informasi.
.Di bidang basisdata pada pelanggan Uma Laundry, system informasi ini sangat di butuhkan untuk  di gunakan sebagai sarana  mengganti proses pelayanan manual menjadi pelayanan secara komputerisasi. oleh karena itu di butuhkan sebuah sarana informasi yaitu berupa aplikasi system Informasi pada Uma Laundry.
Dalam hal ini Uma Laundry akan menerapkan pelayanan secara komputerisasi agar proses pelayanan menjadi lebih efektif. Untuk itu, berdasarkan uraian di atas saya bermaksud mengadakan penelitian pada Uma  Laundry dengan mengambil judul “ Perancangan System Informasi Jasa Laundry dengan menggunakan Java Development Kit  (JDK) dan MySql  di Uma Laundry”.


Perangkat Pendukung yang digunakan

a.      Hardware
Perangkat keras (Hardware) meliputi komputer, memori sekunder off line dan online, serta media komunikasi jika menggunakan sistem jaringan komputer.

b.      Software 







         

   
Apa itu JDK dan JRE ???

JDK adalah singkatan dari Java Development Kit yaitu software yang digunakan untuk membangun aplikasi-aplikasi java. Tanpa JDK kita tidak akan bisa membangun atau membuat berbagai macam aplikasi java.
Sedangkan JRE adalah singkatan dari Java Runtime Environment yaitu software yang diciptakan oleh Sun Microsystem berguna hanya untuk menjalankan program atau aplikasi java yang sudah dicompile atau sudah jadi.
Basis data atau database MySQL, Sistem pengola basis data atau database management sistem ( DBMS) Untuk selanjutnya data base management sistem atau sebagai DBMS saja.
Jadi, system informasi pada Uma Laundry ini akan menggunakan Software Jdk dan MySQL database.

Tujuan
Kebanyakan usaha laundry masih termasuk usaha rumahan, pencatatan nota, transaksi, serta laporan pengeluaran dan untuk menghitung laba ruginya masih menggunakan manual, atau masih dengan ditulis tanganHal ini tentu saja tidak praltis, karena memakan banyak waktu serta membutuhkan ketelitian. Keadaan seperti inilah yang merupakan suatu masalah yang harus diselesaikan oleh Uma Laundry Agar mencapai tujuan Uma Laundry dengan cara mengganti sistem yang selama ini sedang berjalan (manual) dengan sistem yang baru yaitu sistem informasi di Uma Laundry Bandar Lampung yang terkomputerisasi dan juga Tujuan Perencanaan ini adalah
a.       Untuk dapat lebih memahami sebuah system yang akan dibuat dengan berbagai Elemen-elemen yang terdapat didalam system tsb.
b.      Lebih terencana dan tersusun rapih struktur data yang diperlukan dalam database Aplikasi Uma Laundry ini
c.    Menciptakan sebuah system Informasi berbasis Komputerisasi yang sebelumnya masih secara manual, agar terlihat lebih efektif dan efesien.
d.      Untuk dapat merancang database dan komponen-komponen yang terdapat didalamnya dan menciptakan tabel-tabel yang saling berhubungan antar program.

e.   Agar lebih memberikan kepuasan kepada Pelanggan Uma Laundry, terhadap pelayanannya.


Tidak ada komentar: